Be Happy^^

No More Pain, No More Cry (: (:

Kamis, 19 Maret 2015

(Cerpen) Depancas Gaje Story: Kepompong


D’Pancas Gaje Story:
Persahabatan Bagai Kepompong (Kadang Kepo, Kadang Rempong)

.

*This story special for my birthday, and dedicated for D’pancas*
.
(Baru bisa diposting bulan Maret padahal ultah aku bulan Februari kemarin disebabkan lappy aku bermasalah, hehe)
.
.

Author:
Aisyah a.k.a Cloudisah
.
.

Warning: Typo...!
.

###

Hari yang paling menyebalkan buat gue tuh yah hari Senin. Apalagi coba kalo bukan harus dateng ke sekolahan pagi-pagi karena musti Upacara Bendera. Bukannya gue nggak suka ikutin tuh upacara, gue kan emangnya siswi yang memiliki jiwa nasionalisme dan patriotisme yang tinggi jadi gue seneng-seneng aja kalo lagi upacara. Lagian sekaligus mengenang gimana perjuangan para pahlawan dulu buat ngibarin Sang Merah Putih. Tapi... Yang bikin gue sebel tuh karena bell udah bunyi aja jam tujuh sekaligus pagar sekolah yang udah maen tutup sama Pak Satpam. Huh!

Jadi beginilah gue pagi-pagi ngos-ngosan habis ngayuh sepeda Polygon kesayangan gue menuju rumah Okta, sahabat gue yang beda sekolah sama gue. Gue ama temen sebangku gue-Rida namanya-emang markirin sepeda kita tuh di rumahnya Okta. Habisnya di sekolahan orang-orang uda pada naek motor, lah kan gue ama Rida malu dunk musti markirin sepeda kita di parkiran sekolah.

Jiah, nih Nyai jam berapa sih ke sekolahan pagi bener...

Gue membatin waktu liat sepeda Rida uda terparkir manis di samping rumah Okta. Kembali dengan sisa tenaga gue, gue lari secepat yang gue bisa buat sampe ke sekolahan karena gue uda denger sayup-sayup Waka Kesiswaan ngoceh pake mic dan itu tandanya bell bakalan bunyi dalam hitungan kurang dari lima menit. Butuh waktu lebih dari tiga menit dengan berlari dari rumah Okta menuju sekolahan karena jaraknya emang nggak terlalu jauh. Kaki gue udah bener-bener kram, nggak tau nih ntar sanggup apa nggak berdiri lama-lama buat upacara.

“Isah elo telat!” tereak sahabat satu gang gue, Diah namanya.

Gue nggak ngirauin tereakan Diah yang lagi jalan bersiap ke lapangan bareng konco-konco gue yang laen. Gue masih istiaqomah lari menuju kelas gue buat naroh tas. Kadang gue rada nyesel sekolah di sekolah sebesar ini karena selasar kelasnya aja udah berkelok-kelok menuju kelas gue, bahkan dari tadi gue berkali-kali nabrak siswa lain yang jalannya beda arah sama gue karena mereka mau siap-siap ke lapangan.

Habis naroh tas ransel kesayangan gue (gue cuman punya satu ransel jadi yah wajarlah itu jadi kesayangan) gue meriksa dulu pakaian gue sebelum menuju ke lapangan. Kaos kaki udah bener, terus ikat pinggang, jilbab gue nggak kebalik, sepatu udah hitam mengkilap, baju gue udah rapi.. Oke sip waktunya ke lapangan. Berhubung kami siswi yang pake jilbab nggak pake dasi, jadi gue bisa sedikit bernafas lega karena nggak perlu repot-repot pasang dasi, hahaa.

Gue pikir karena gue sedikit telat datangnya pagi ini, gue bisa baris rada-rada belakang. Jadi gue bisa ngobrol atopun jongkok kalo kaki gue pegel. Eh, nyatanya jadi siswa pendek itu nggak enakin banget.

“Sah, lo ke depan buruan gih. Ntar kelas kita ditegor,” seloroh Seksi Kebersihan yang nggak pernah turun dari jabatannya sambil dorong tubuh mungil gue ke depan barisan.

“Yah kok elo seenaknya gitu sih. Gue bosen tau di depan, lagian gue capek nih...” gerutu gue sambil berusaha berontak tapi sayangnya tenaga gue masih kalah jauh dari sang Seksi Kebersihan yang memiliki name tag Galih Santoso.

“Derita lo punya badan pendek, hahaa.” Habis bilang gitu, si Galih langsung balik lagi ke barisan belakang kelas. Gue cuman bisa pasrah dan pasang tampang cemberut karena gue berdiri di barisan paling depan dan paling banyak dapat pancaran sinar matahari pagi.

“Uda Bo sabar aja,” bisik Yuni konco gue di geng Depancas yang berdiri di samping kanan gue sambil gosokin minyak kayu putih ke tangannya. Sumpah tuh bau minyak kayu putih malah bikin perut gue mual nggak karuan.

“Gua yakin do’a kita paling diijabah sama Allah,” lirih gue ala-ala korban penganiayaan dan tampang teraniaya dibuat-buat.

“Kenapa emang?” tanya Dj yang baris di sebelah kiri gue. Dia juga konco gue di geng Depancas selain Yuni, Diah, dan Rida.

“Karena kita selalu dizholimi untuk baris paling depan,” tukas gue sambil ngurut kaki gue yang mulai pegel.

Dj cuman senyum nanggepin ucapan gue. Dan Yuni masih sibuk sama minyak kayu putihnya. Ngomong-ngomong, mana dua konco gue yang laen?

Gue berniat noleh ke belakang waktu Diah tiba-tiba berbisik di telinga gue yang bikin gue hampir keceplosan latah ayam-ayam, dan untungnya masih bisa gue tahan.

“Boo, gue punya berita baru nih,” bisik Diah yang bikin kedua mata gue yang udah lebar makin lebar.

“Berita apaan Bo?” tanya gue penasaran.

“Ntar deh habis upacara gue kasih tau ke kalian semua.”

“Oke sip.” Gue ngacungin jempol gue ke belakang dan detik berikutnya upacara pun dimulai dan termasuk penderitaan gue pun dimulai selama upacara berlangsung.

Kaki gue kram bangeeeet!

Gue cuman bisa pasrah dan tereak dalem hati. Semoga Pembina Upacara pagi ini nggak ngoceh panjang-panjang. Semoga.

.
-----5-----
.

“Jadi elo punya hot news apaan pagi ini?” tanya gue ke Diah yang duduk di belakang gue sambil nyenderin punggung gue ke sandaran kursi. Ugh, akhirnya badan gue bisa istirahat habis upacara yang bikin seluruh tulang gue mau patah.

“Kalian tau nggak kalo-“

“Dj ada Aqua nggak? Beli empat donk,” omongannya Diah kepotong karena Maulani yang langsung nyerobot ke meja Dj buat beli air mineral.

Dj ama Yuni tuh duduk di belakang gue. Sedangkan gue sebangku ama Rida, dan Diah sebenernya duduk rada jauh dari kita. Dia duduknya bareng Seksi Kebersihan yang nyebelin di deretan sebelah baris kedua. Tapi dia lebih sering kalo lagi istirahat ato jam kosong duduk di samping Yuni buat bergosip ria bareng kita-kita, hahaa.

“Nih Mul,” Dj nyodorin empat gelas air mineral ke Maulani. Sebenernya yang jualan itu tuh kami berlima, Depancas. Soanya itu tugas mata pelajaran Kewirausahaan buat jualan bagi semua anak kelas dua belas.

“Tengkyu Dj, ngutang dulu yah,” dan Maulani langsung kabur habis bilang ngutang. Kita mah cuman bisa geleng-geleng aja karena kami bakalan susah dapat laba kalo banyak temen-temen yang ngutang kayak gitu.

“Jadi apaan Di?” kali ini si Yuni yang mulai kepo. Biasanya sih berita dari Diah tuh selalu up to date.

“Kalian tau nggak ‘mantan’ gue si Mr. A?” Diah ngasih penekanan pada kata ‘mantan’.

“Iya tau lah, kan elo barusan putus ama dia. Kenapa emang?” kali ini giliran Dj yang angkat bicara.

“Dia.. dia... dia itu...”                                                                                           

“Dia kenapa emang?” tanya gue nggak sabaran.

“Dia baru aja nikah Bo!!” ucap Diah histeris.

“Hapaaaaahhh???” gue dan ketiga konco gue yang laen kaget berjama’ah.

“Elo serius? Elo tau dari mana? Bukannya elo belom nyampe tiga bulan putus sama dia? Kok dia langsung nikah-nikah aja? Terus elo diundang gitu ke nikahannya? Siapa istrinya? Anak mana? Gue kenal nggak kira-kira?” Yuni langsung nyerang Diah dengan berbagai pertanyaan.

Gue juga jadi kepo nih. Gila, gue nggak sanggup deh ngebayangin kalo di posisi Diah sekarang. Yah mungkin itulah nasib kalo punya pacar yang jauh lebih tua dari kita.

“Gue serius keleus. Iya gue juga nggak nyangka tuh anak baru aja putus sama gue, sekarang gue malah ditinggal nikah sama dia. Istrinya sih gue kurang tau anak mana, tapi dari yang gue denger namanya tuh Ita.”

What? Apa jangan-jangan Ita yang waktu itu di tempat gue Prakerin?” gue kali ini makin antusias. Soalnya setau gue, mantannya Diah itu sebelum pacaran ama Diah pernah juga pacaran sama Mba Ita, yang kerja di tempat fotokopi di samping kantor gue Prakerin kelas sebelas dulu.

“Kayaknya bukan sih Sah, soalnya gue liat fotonya tuh rada gendut gitu. Kalo Ita yang itu kan badannya kurus,” jawab Diah sambil kipas-kipas pake sobekan kardus bekas Aqua jualan kami.

“Terus elo tau dia nikah dari mana?” tanya Dj sambil ngitungin laba jualan kami selama seminggu.

Gue lirik Rida di samping gue yang cuman khusu’ dengerin obrolan kita tanpa niat ikutan buat sekedar interupsi. Konco gue yang satu itu mah emang pendiam Naudzubillah dah pokoknya.

Sebelum jawab pertanyaan Dj, Diah ngebanting potongan kardus yang dia jadiin kipas ke atas meja. Gue hampir latah ayam-ayam lagi dan kali ini gue kembali berhasil nahan kelatahan gue. “Gini ceritanya. Hari Sabtu sore gue ke rumah dia, terus-“

“Apa?? Elo ke rumah dia? Buat apa??” Diah natap tajam Yuni karena omongan dia main potong aja sama tuh anak. “Oups, oke lanjutkan.” Yuni nyengir kuda karena tatapan membunuh dari Diah.

Diah narik nafas dalam sebelum kembali ngelanjutin penjelasan dia. “Nah Sabtu sore gue ke rumah dia niatnya mau main aja sekaligus menyambung silaturrahim. Terus gue kaget waktu di ruang tamu itu ada foto dia pake baju penganten, baju adat Banjar. Nah, gilanya lagi pas gue dateng tuh cuman ada abahnya dia. Elo-elo tau nggak apa yang abahnya bilang?”

Kami serempak menggeleng kayak anak dugem.

“Abahnya natap gue sambil nanya, ‘Mba temannya A? Tapi sudah tau kan kalo A sudah nikah?’”. Oh My God disitu langsung jantung gue mao copot rasanya. Gue bilang aja iya, terus gue bilang gue cuman mau ngantar barang. Habis itu gue langsung pamit soalnya abahnya bilang dia lagi di rumah mertuanya. Ugh... Gue pengen tereak rasanya Boo...”

Gue speechless. Kalo gue jadi Diah juga rasanya nggak sanggup. Untung mantan gue belom nikah sekarang, haha.

“Elo baik-baik aja kan Diah?” akhirnya Rida ngeluarin suaranya juga.

“Gue emang baik-baik aja. Tapi... Gue iri banget sumpah. Gue jadi pengen cepet-cepet nikah jugaaak,” Diah mukul-mukulin meja pake potongan kardus yang dari tadi nggak lepas-lepas dari tangannya.

“Kuliah dulu Bo baru nikah,” jawab Yuni yang mulai ngeluarin buku Agama dari dalem tasnya.

“Tapi kok dia bisa cepet banget dapet pengganti elo,” ucapan Dj barusan dapat anggukan dari gue. Iya juga, baru aja tiga bulan putus udah dapat pengganti Diah dan langsung nikah pula. “Kalian emang nggak jodoh Diah. Sudahlah, nanti elo juga bakalan dapat cowok yang lebih baik dari dia.” Dj kali ini juga ikut-ikutan ngeluarin buku Agama.

“Woooey, Depancas begosip terus. Tuh Guru Agama uda di depan kelas!” tereak Ipur, cowok jangkung yang jago Akuntansi yang nyebelinnya sebelas dua belas sama Seksi Kebersihan, Galih.

Diah bangkit berdiri dan bersiap kembali ke kursinya. “Elo itu rese banget sih Pur. Lagian kita tuh nggak bergosip. Itu tuh f-a-k-t-a,” terang Diah habis duduk di kursinya.

“Intinya kalian rempong,” olok Pur sambil natap gue dan gue balas natap balik dia dengan tatapan membunuh ala mafia.

“Awas elo Pur, nggak kita ijinin lagi elo ngutang Aqua!” bacot gue sambil buka buku Agama karena guru Agama sudah mulai masuk kelas.

“Biarin, kan gue ngutangnya ama Dj.. Weee,” balas Pur nggak mau kalah sambil meletin lidahnya ke arah gue. Gue mah pasrah aja karena tuh anak makin dilawan makin menjadi-jadi.

“Assalamualaikum...” guru Agama masuk dengan wibawa beliau.

“Waalaikumsalam...” jawab kami serempak.

Dan pelajaran agama-pun dimulai, dan juga dimulai pula penderitaan siswa-siswa yang belum nyelesaikan hafalan Surah Pendek mereka. Untung gue udah hafal semua, xixixi...

.
-----5-----
.

Gue sih sebenernya rada menyayangkan kalo guru nggak masuk itu, soalnya bakalan ketinggalan pelajaran. Tapi gue nggak bisa ngebohongin diri gue sendiri kalo gue seneng nggak ada guru alias jam kosong kayak sekarang ini. Yah, yang pasti ini waktunya gue buat ngerempong ria bareng konco-konco gue.

Kayak sekarang nih. Guru Akuntansi Biaya lagi nggak masuk. Sebenernya ada tugas ngerjakan Laporan Harga Pokok Produksi, cuman yah karena dikumpulkan besok jadi bisa aja toh nanti malem ngerjakan di rumah? Haha. Akhirnya di sinilah gue dan konco-konco gue ngabiskan waktu nunggu bell istirahat kedua, di selasar kelas di deket pohon pinus yang nggak terlalu tinggi. Ini adalah tempat favorit gue dan konco-konco gue soalnya adem dan juga kalo mau ngegosip di sini nggak bakal ganggu kelas lain yang lagi belajar.

“Gue gugup Bo. Ujian Nasional nggak lama lagi,” keluh Dj sambil nyomotin keripik singkong pedas favoritnya yang tadi dia ama Yuni beli di Koperasi Sekolah.

“Elaah, ngapain gugup. Kita kan masih semester satu,” jawab gue setelah nyenderin punggung gue pada salah satu tiang.

“Tetep aja keleus gugup mah. Apalagi UN Akuntansi, gue nggak begitu paham,” Dj masih khusuk nyomotin keripiknya tanpa niatan buat bagi-bagi. Eh, lagian dia bagi-bagipun gue nggak doyan keripik pedes.

“Serius elo nggak paham Dj? Kita kan uda kelas tiga?” tanya Diah heboh.

“Gue cuman rada bingung ama Jurnal Penyesuaian. Emang elo udah paham semua Laporan Keuangan?” tanya Dj balik.

“Elo aja nggak ngerti, apalagi gue.”

Kita mah ketawa aja denger kejujuran Diah. Iya juga sih, bentar lagi ujian tapi rada bingung juga ntar soalnya buat UN Akuntansi nanti tuh ngerjain Jurnal sampe ke Laporan Keuangan termasuk Buku Besar. Banyak banget, yah semacam gabungan semua pelajaran dari kelas sepuluh dan kelas sebelas ditambah sedikit pelajaran kelas dua belas. Apalagi Komputerisasi Akuntasi, MYOB. Bikin otak gue jadi kempes -_-

“Kita belajar bareng yok Bo,” ajak Yuni.

“Belajar di mana?” Rida yang dari tadi cuman mandangin kelas TKJ, nggak tau dia cari siapa, akhirnya ikut nimbrung. Gue pikir nih anak cuman raganya di sini, tapi nyawanya entah kemana.

“Gimana kalo di rumah Dj aja? Di loteng rumah Dj kan banyak anginnya, sejuk,” tawar Diah.

“Boleh juga, di rumah gue nanti sore habis Ashar gimana?”

Gue sih manggut-manggut aja tanda setuju. Gue liat juga kayaknya Yuni dan Rida setuju-setuju aja.

“Kalo ada yang punya buah di rumahnya dibawa ya Boo,” usul Diah lagi.

“Gue sih adanya timun,” jawab gue mengingat mama gue yang darah tinggi dan perlu buah timun setiap hari.

“Kalo gue punya kedondong dari rumah nenek gue, elo ada buah apa di rumah lo Da?” tanya Yuni sambil copotin ujung-ujung daun pinus sampe berserakan.

“Ntar gue liat dulu ya, rasanya ada jeruk sih.”

“Gue ntar sore bawa belimbing ya ceman-ceman, soalnya pohon belimbing di depan rumah gue uda pada mateng,” tukas Diah bersemangat.

“Beuh, boleh juga tuh Diah. Bawa yang banyak yah...” pinta gue. Gue nggak sabar nunggu ntar sore, apalagi belimbing di rumah Diah itu gude-gude dan rasanya manis asem segeeerrrr. “Elo ada buah apa Dj?” tanya gue ke Dj yang makan keripik dari tadi nggak abis-abis.

“Hssh, gueehhh punyaah garemh sshh danh gueh nyumbang aerh minummhh hosshh,” ucap Dj yang nggak begitu jelas karena kepedesan.

“Ish, elo tuh mending nggak usah ngomong deh. Sana ambil air minum gih di kelas...” Yuni ngedorong-dorong tubuh Dj yang lebih kecil darinya. “Ambilkan segelas juga buat gue,” titah Yuni setelah Dj bangkit dan berjalan menuju kelas. Tentu aja dengan mendesis karena nggak terima dia didorong-dorong ama Yuni.

“Yuni, ajarin gue MYOB dong,” gue pasang tampang memelas. Karena cuman Yuni yang punya laptop dan dia punya aplikasi MYOB Accounting.

“Iya Yun, ajarin gue juga dong,” Rida ikut-ikutan pasang tampang melas.

“Oke deh. Meskipun juga gue rada nggak paham, ntar sore gue bawa laptop ke rumah Dj kita belajar bareng.”

“Tengkyu Yun,” ucap gue tulus dengan tampang ala Aisha Ayat-ayat Cinta.

Gue kok ngerasa ntar sore tuh bukannya belajar tapi malah ngerujak yah? Lagian kebiasaan anak-anak Depancas nih kalo udah ngumpul sore pasti bawaannya ngerujak mulu.

Habis itu hening diantara kami berempat sambil nungguin Dj balik dari kelas. Gue mandangin halaman sekolah yang luas banget dari koridor tempat gue duduk sekarang. Nggak nyangka dalam hitungan bulan gue bakal ninggalin nih sekolahan. Sekolah yang gude bukan main, luas bukan main, dan juga fasilitasnya lengkap banget. Gue bangga banget sekolah di SMKN 1 terutama sebagai salah satu siswi jurusan Akuntansi. Dan yang pasti yang bikin gue kangen banget tuh ya masa-masa bareng konco-konco gue Depancas gini.

“Sibuknya Depancas ini berempong terus. Anak-anak yang lain pada ngerjakan tugas tapi kalian malah begosip terus... Ckckck...”

Tiba-tiba aja Galih dateng ikutan nimbrung dan berdiri di samping Rida sambil berkacak pinggang. Kami yang lagi duduk ini langsung aja menghujami dia dengan tatapan laser kami.

“Rese banget sih elo Gal. Bilang aja elo sirik mau ikutan berempong juga kan?” sinis Yuni masih tetap istiqomah copotin ujung-ujung pohon pinus.

Sorry gals... Gue nggak tertarik ama rempongan kalian,” Galih natap kami semua dengan ekspresi meremehkan.

“Halaah, lebay amat sih lo. Terus elo ngapain di sini huh?” Diah ngelempar daun pinus ke muka Galih, tapi sayangnya meleset.

“Gue cuman bosan di kelas. Lagian gue ada perlu sama Rida.” Galih langsung ikutan duduk di samping Rida yang bikin kami semua saling berpandangan.

“Kenapa lo?” Rida natap Galih sedikit risih.

“Rida...” Galih nyetopin ucapannya lalu dia pasang ekspresi sok imut yang bikin perut gue mual. “Minta minum, hehee...”

Jiaah gubraak.

Gue liat Rida mutar bola matanya jengah habis itu langsung bangkit dari duduknya, mungkin mau ngasih Galih minuman. Untung aja temen gue satu itu punya hati malaikat.

“Elo itu ada maunya baru baik-baik, huh... Dasar Seksi Kebersihan nyebelin,” gerutu gue dan natap sinis pada sang Seksi Kebersihan.

“Biarin, kan Rida baik. Nggak kayak elo, elo, dan elo,” tunjuk Galih satu-satu ke kami dan habis itu dia langsung lari ke kelas sebelum Diah ngamuk dan menghujani dia dengan lebih banyak daun pinus yang dipetikin.

“Uda yok Bo balik ke kelas. Nggak enak juga jam pelajaran gini kita malah di luar kelas,” ajak Yuni seraya bangkit berdiri.

Gue dan Diah lantas ikutan berdiri ngikutin Yuni menuju kelas. Lagian kayaknya bahaya kalo sampe Waka Kesiswaan tau kami berempong di luar kelas. Yang ada ntar kami dapat Poin Pelanggaran. Kalo sampe itu terjadi, bisa gagal gue dan konco-konco gue dapat piagam penghargaan Zero Point pas perpisahan nanti, haha.

.
-----5-----
.

“Bo, kok ini pisaunya tumpul amat? Gak ada pisau yang lain lagi kah?” Diah berusaha sekuat tenaga buat ngupas kedondong yang Yuni bawa pake pisau dari dapurnya Dj.

“Oups, maaf Bo. Gue salah bawa pisau, bentar gue ambil pisau yang lain.” Dj bangkit berdiri dan ninggalin kami berempat di loteng.

Seperti yang kami bicarakan tadi pagi di sekolah, sore ini kami mau belajar Akuntansi sambil ngerujak. Buku-buku kami sih sudah siap tuh di pojok loteng rumah Dj, tapi sekarang kami lagi khusuk sama buah-buahan yang ada di hadapan kami.

“Yuni jangan kebanyakan masukin cabenya,” protes gue waktu ngeliat Yuni dengan semangat 45 ngulek garem pake cabe satu genggam.

“Tenang, ntar gue bikinin yang nggak terlalu pedes buat elo,” jawab Yuni santai sambil terus ngulek garem.

Gue sendiri dari tadi masih sibuk motongin belimbing super besar yang Diah bawa. Sedangkah Rida kerjaannya ngupasin jeruk doank, sementara gue nggak bawa apa-apa karena ternyata di rumah gue timunnya udah habis semua dan abah gue belom sempet ke pasar buat beli timun, hihii.

“Ini Bo pisaunya,” Dj dateng seraya ngabawa baki yang berisi lima gelas dan satu teko es jeruk, dan yang pasti satu buah pisau. Widih, siap-siap sakit perut dah besok pagi.

Kami berlimapun akhirnya makin fokus sama rujak yang bentar lagi siap makan di hadapan kami. Sekarang ini kami lagi di teras loteng rumah Dj. Angin di sini sejuk dan seger banget. Gue bener-bener rasanya pengen lama-lama aja di sini.

“Waktunya kita sikaaaat...” ucap Diah semangat waktu buah kedondong, jeruk, dan belimbing, udah terpotong dengan cantik di dalam mangkuk besar ditambah garem plus cabe dalem ulekan. Bikin air liur gue udah ngeces-ngeces nggak karuan.

“Bo Bo.. Kalian semua uda denger belom gosip yang tadi siang lagi hot di kelas kita?” tanya Dj sambil nyomotin buah jeruk yang ternyata masamnya Lailahailallah.

“Sssh, belomhh.. Emangh apaanh?”

Gue menatap ngeri ke arah Yuni karena dia sanggup aja ngerujak pake garem dengan cabe yang satu genggem. Yah wajar aja dia kepedesan kayak gitu.

“Ini tuh tentang Ipur dan Ati,” jawab Dj santai.

“Uhukkkh uhuuukkkh...” gue langsung keselek dan Rida buru-buru nyodorin gue segelas aer. Apa? Pur dan Ati? Emang ada apa dengan mereka berdua?

“Kenapa Pur dan Ati, Dj?” kali ini giliran Rida yang antusias.

“Gini... Tadi kan pas kita lagi duduk-duduk di koridor gue balik ke kelas buat ngambil minum. Nah, waktu di kelas gue denger temen sebangkunya Ati bilang kalo Ati tuh suka sama Pur dan katanya mereka berdua sekarang deket,” terang Dj.

“Haaaaaaahhhhh???!!!” tereak gue heboh yang malah dapat tatapan aneh dari konco-konco gue.

“Elo kenapa sih Sah? Tadi keselek, sekarang tereak heboh. Elo kayak baru kali ini denger gosip tau nggak,” Diah geleng-geleng kepala ngeliat gue.

Gue cuman bisa nelan ludah gugup. Gue sendiri juga nggak tau kenapa, gue malah ngerasa nyesek denger berita yang dibawa Dj.

“Menurut gue sih emang iya kalo Ati tuh suka sama Pur,” ucap Diah lagi yang kali ini bikin kami natap dia dengan ekspresi penasaran.

“Kenapah emanghhnyahh Dhii?” Yuni masih aja kepedesan.

Habis nyomot buah kedondong ke dalam mulutnya, baru Diah ngejelasin. “Selama ini gue ngeliat Ati tuh suka curi-curi pandang ke Ipur, dan juga kadang gue liat dia suka jalan ke depan mejanya Pur, entah mungkin cari perhatian Pur kali. Pernah juga gue denger temen-temennya Ati suka ehm-ehm gitu kalo ada Pur di sampingnya Ati.”

Gue cuman bisa diam. Gue ngerasa nggak suka kalo ada yang suka sama Pur. Eh, apa yang barusan gue pikirin? Pur kan nyebelin. Bodo amat gue siapapun yang suka sama dia. Huh.

“Tapi tadi ada yang lebih menarik Bo,” lanjut Dj yang bikin kami kembali natap dia penasaran.

“Apaan?” tanya Rida nggak sabaran. Gue liat dari tadi dia nggak terlalu semangat makan rujak, yah soalnya Rida emang nggak terlalu doyan sama buah-buahan.

Dj neguk habis segelas es jeruk. “Katanya Maulani sekarang Pur dan Ati sering smsan bareng, dan itu yang bikin heboh anak-anak satu kelas tadi.”

“Uhuuukkh.. uhuuuukkkhh,” gue kembali keselek dan Rida kembali nyodorin gue segelas aer.

“Jangan-jangan elo cemburu Sah?” Diah natap curiga ke arah gue.

“Hyee, ngapain gue cemburu sama si Jangkung nyebelin itu. Gue cuman kaget aja akhirnya ada cewek cantik yang suka sama Pur.” Maapkan gue teman-teman, kali ini gue bohong sama kalian.

“Oh pantasan aja kan kemarena Ati bawa fruit cake ke kelas dan Pur dapat jatah potongan paling gede. Ah, ternyata itu toh alasannya,” terang Yuni kali ini tanpa kepedesan.

“Menurut kalian cocok nggak mereka berdua kalo jadian?” kali ini pertanyaan Dj sukses bikin gue natap dia dengan ekspresi kaget berlebihan. Aduh, gue kenapa sih dari tadi jadi gaje gini.

“Menurut gue cocok-cocok aja sih. Kan Ati itu cantik, Pur juga cakep. Komplit kan?” jawab Yuni anteng dan gue malahan natap dia dengan tatapan nggak suka.

“Iya, Pur juga pinter, Ati juga lumayan. Ah, gue jadi iri,” lirih Diah.

Gue lebih milih diem dan makanin dengan sedikit buru-buru rujak yang masih banyak di depan kami. Lagian kalo dipikir-pikir lagi, kenapa gue harus sesebel ini sih?

“Ternyata bener yah kata wali kelas kita pas kelas sepuluh dulu, di kelas kita nanti bakalan ada yang kecantol. Tuh Ati dan Pur, hahaa...” lanjut Diah lagi yang bikin gue tambah sebel.

“Bukannya Apri dan Resti uda duluan tuh jadian waktu kelas sepuluh?” jawab gue malas-malasan sambil nyomotin belimbing. Sebenernya dari tadi gue cuman makan belimbingnya doank, haha.

“Masaaa???” keempat konco gue kaget berjamaah bikin gue natap mereka satu-satu dengan ekspresi nggak yakin. “Emang elo semua belom tau?”

Mereka ngangguk serempak kayak anak rocker.

“Dulu juga gue tau pas kelas sepuluh waktu Apri sms gue sehari setelah dia putus sama Resti. Gue lupa persisnya kenapa Apri jadi curhat ke gue, yah intinya dulu itu mereka backstreet gitu deh. Emh, kalo nggak salah cuman tiga bulan,” terang gue yang bikin mereka berempat kembali mengangguk tanda paham dengan maksud gue.

“Ternyata banyak juga cinlok di kelas kita, ada cinta segitiga antara Maulani, Meisi, dan Hasan. Ada juga Yuni dan Fazri,” olok Diah yang bikin Yuni natap garang ke arah Diah. Diah mah anteng-anteng aja ketawa.

“Oh ya, ngomong-ngomong dari tadi nih kita ngobrol mulu bukannya sambil belajar,” ucap Dj yang bikin gue menatap malas ke arah tumpukan buku Akuntansi di pojokan.

“Ntar aja Dj belajarnya, nanti kita nggak fokus belajar karena sibuk ngerujak. Habiskan dulu rujaknya baru kita belajar,” jawab gue. Lebih tepatnya itu cuman alasan gue karena gue tetiba jadi malas belajar apalagi gegara berita Ati dan Pur tadi.

“Iya bener. Kita ngerujak aja dulu,” sambung Yuni kali ini dapat anggukan setuju dari Diah.

“Tapi ini sudah jam lima lewat loh,” Rida ngelirik jam di ponselnya.

Kami ngelirik rujak di depan kami yang masih banyak. Butuh waktu sekitar setengah jam buat ngabisin ini semua, dan mungkin bisa lebih dari itu kalo kami sambil ngobrol-ngobrol gaje. Terutama gosip sih, haa.

“Gampang Da. Kalo sampe jam setengah enam nanti nih rujak belom kelar, kita masih bisa belajar besok lagi,” terang gue yang kali ini bikin Yuni ngajakin hi five ke gue.

Kami berlima akhirnya ketawa gaje sambil terus ngelanjutin kegiatan ngerujak kami dan ngomongin apa aja yang enak dijadikan bahan pembicaraan. Gue ketawa sedikit dipaksakan soalnya gue masih sebel dengan berita Pur dan Ati, huh.

“Kita ini rempong ya Bo,” ucap Diah seraya terkekeh pelan.

“Hahaa, baru sadar yah elo?” kekeh Dj.

Kami kembali ketawa berjamaah yang sontak aja jadi bahan tontonan anak-anak yang lagi main di bawah sana. Mungkin mereka terpesona ngeliat lima wanita cantik di atas loteng sambil ketawa-ketawa alay, xixi.

Gue sih nggak peduli kata orang apakah kami ini suka rempong, sering kepo, suka begosip, ato apapun itu. Intinya ini adalah momen dimana kami berlima ngumpul sebagai sahabat. Justru saat-saat seperti ini kami bisa semakin dekat dan memahami satu sama lain, dan memahami arti saling memiliki satu sama lain.

Mungkin suatu hari nanti setelah kami sudah nggak jalan bareng ato ngumpul bareng, gue bakalan kangen sama saat-saat begini. Setelah lulus sekolah dan mulai menjalani hidup masing-masing, mungkin itu kuliah atopun kerja, gue pasti bakalan kangen berat sama teman-teman Depancas gue. Teman-teman yang selalu gue jadikan tempat curhat gue, tempat berbagi gue, dan yang pastinya tempat untuk bergosip ria.

“Kalian tau nggak maksudnya ‘Persahabatan Bagai Kepompong’ itu Bo?” tanya gue ke konco-konco gue yang masih belom nyerah ngabisin rujak dengan garem super pedes buatan Yuni.

“Apaan?” tanya Dj ogah-ogahan.

“Persahabatan bagai kepompong. Kepompong, kadang kepo, kadang rempong,” jawab gue.

Alhasil keempat konco gue ngakak denger jawaban gue. Yah, setidaknya mereka sudah nggak bahas tentang Ati dan Pur lagi.

Tapi emang bener, buat gue persahabatan gue dan temen-temen Depancas itu emang bagai kepompong, kepo dan rempong... Haha... Ai lop Depancas so maaaacchhh...

.
.
END

Alhamdulillah selesai, yeheett... *tabur daun*
Gue kangen temen-temen Depancas yang sekarang sibuk sama kehidupan masing-masing, ada yang kuliah, dan ada yang sibuk kerja. Nggak nyangka sudah tiga tahun yang lalu kita lulus dari SMK dan semua kenangan kita selama di SMK nggak bisa gue lupakan. Terutama pas gue liat folder foto dan video kita waktu ngerujak di loteng rumah Dj, itu bikin inspirasi buat gue bikin cerpen ini.
Meskipun kita masih sering ngumpul pas lebaran atopun liburan semester, tapi rasanya nggak sama kayak waktu sekolah dulu. Sekarang kita sudah berada di dunia sebenernya, dunia orang dewasa yang berat dan sulit bingo.
Dan makin nggak nyangka gue duluan dari pada kalian dapat gelar usia 21 T_T dua satu! DUA SATU! Gue paling tua ternyata diantara kita berlima,, huhuuu... u,u
Yesungdahlah, sekian bacotan gue. And last, miss youuuuuu ceman-ceman gue.. emmmuuuuaaachhh...
Buat reader, makasih udah mau baca ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar