Be Happy^^

No More Pain, No More Cry (: (:

Senin, 29 Februari 2016

(Coretan Isah) Where is a Do'a, There is a Way



CORETAN ISAH #3
Ditulis pada 21 Februari 2016

“WHERE’S A DOA, THERE’S A WAY”

Ngomong-ngomong soal doa, siapa sih yang gak pernah berdoa kan yah. Mulai dari kecil kita udah diajarin yang namanya berdoa sama orang tua kita, entah itu doa mau makan, doa mau tidur, doa mau belajar, dan doa-doa yang lain. Bahkan doa itu diajarkan tidak hanya bagi kita yang muslim, tapi juga bagi agama-agama yang lain.

Dalam KBBI, arti kata doa adalah: doa n permohonan (harapan, permintaan, pujian) kepada Tuhan.

Ini artinya doa dimaksudkan agar kita selalu mengingat Tuhan dalam keadaan dan kondisi apapun. Dengan doa kita meyakini bahwa tidak ada yang memiliki kekuasaan selain Tuhan. Tidak ada daya dan upaya selain atas izin Tuhan. Dengan doa pula kita seolah berinteraksi dengan Tuhan, bahwa kita sebagai hamba-Nya yang lemah selalu meminta pertolongan dan lindungan-Nya. Karena kita ini milik Tuhan.

Kenapa saya menulis postingan semacam ini? Mungkin bagi yang pernah membaca buku trilogi karya Ust. Yusuf Mansur Feel, Believe, Rich, tidak asing dengan judul postingan saya ini. Where is a doa, there is a way. Saya sangat menyukai buku trilogi karya Beliau tersebut. Nah, dalam buku trilogi pertama beliau yaitu Feel, disebutkan kalimat itu.


Biasanya kan kita lebih sering denger kalimat “Where is a will, there is a way” atau kalimat “man jadda wa jada”. Kalimat-kalimat itu bagus, buat memotivasi kita. Tapi, jika dilihat dari sisi ketauhidan, bukankah kalimat “Dimana ada kemauan di situ ada jalan” atau “Barang siapa yang berusaha pasti bisa” tidak ada unsur bergantung pada Tuhan di dalamnya? Seolah-olah dengan adanya keinginan dan usaha kita bisa mencapai hajat yang diinginkan. Padahal bagaimana seandainya Tuhan berkehendak lain?

Maaf, saya menulis ini bukan berarti saya sudah tahu banyak. Saya hanya mengutarakan apa yang saya dapatkan selama saya belajar, juga dari pemikiran saya sendiri.

Kita sering banget yakin jika kita berusaha sungguh-sungguh, maka apa yang kita inginkan pasti akan tercapai. Tapi cuma selesai sampai disitu aja. Kita nganggap bahwa apa yang kita capai itu adalah hasil dari usaha kita sendiri. Kita sama sekali mengabaikan Tuhan. Kita lupa bahwa jika Tuhan berkehendak kita tidak mendapatkan apa yang kita inginkan, sekeras apapun kita coba yah so pasti nggak bakalan dapat.

Kita nih ya, apa-apa urusannya nggak pernah ngajakin Tuhan. Misalnya, pengen kuliah, pusing kesana kemari nggak punya biaya sampe ngerepotin orang tua buat jual tanah. Belum lagi mikirin biaya kos-kosan, biaya makan, biaya hidup, dan sederet biaya lain. Bagi yang dapat beasiswa sih anteng aja. Apalagi yang emang punya banyak duit.

Tapi kan masalahnya, nggak semua mahasiswa punya banyak duit dan nggak semua mahasiswa dapat beasiswa.

Itu dia. Kita nggak ngandelin Tuhan sih. Kita tuh taunya usaha sendiri aja.

“Ah, nggak mungkin bisa kuliah. Buat makan di rumah aja uang ayah nggak cukup.”

“Kuliah itu urusannya orang berduit aja.”

“Buat biaya masuk sih ada aja duitnya, tapi untuk seterusnya belum tentu. Iya kalo ntar dapat beasiswa, kalo enggak?”

Tuh kan. Duit. Duit itu selalu aja jadi penghalang buat kita. Kita itu tanpa sadar udah menuhankan duit. Seperti yang dikatakan Ust. Yusuf Mansur dalam bukunya, kita itu sudah menduakan Tuhan dengan duit. Saya sadari betul kalimat beliau tersebut.

Saya menulis ini, cuman mau berbagi pengalaman aja. Tentang betapa dahsyatnya kekuatan doa itu. “Dimana ada doa, disitu ada jalan.”

Tadi di atas saya contohkan orang yang pusing mau kuliah karena nggak punya biaya. Oke, katakanlah uang bukan segalanya, tapi segalanya butuh uang. Tul kan? Tapi coba kita sederhanakan pikiran kita, siapa sih yang menciptakan uang itu? Jangan dijawab Bank Sentral dalam hal ini Bank Indonesia ya… pastinya Tuhan kan?

Padahal coba kalo kita tuh inget semua yang ada di dunia ini punya Allah. Apa sih yang enggak buat Allah? Kita tuh sekedar percaya kalo Allah itu ada di mulut tok. Nggak masuk ke hati percayanya. Nggak yakin kalo Allah bakalan kasih kita jalan keluar. Nggak yakin kalo Allah bakalan bantu kita. Karena kadar keimanan yang setipis kulit bawang.

Padahal nggak ada sejengkalpun di belahan dunia ini yang bukan punya Allah. Jadi termasuk duit itu, duit itu punya Allah. Allah yang kasih kita duit. Allah yang ngambil rejeki berupa duit dari kita. Allah yang kasih kita masalah. Allah juga kok ntar yang kasih jalan keluar. Kerjaan kita itu yah ngajalanin aja apa yang Allah perintahkan.

Allah suruh kita usaha, ya kita usaha. Allah suruh kita ikhtiar ya kita ikhtiar. Tapi semua yang kita lakuin itu yah harusnya karena Allah. Urusan ntar gimana caranya Allah ngasih kita jalan keluar, gimana caranya kita dapat duit, ya itu urusan Allah. Otak kita nggak bakalan sampe. Urusan kita nggak punya duit tapi akhirnya bisa kuliah, ya itu kuasa Allah. Kita tuh ngejalanin aja skenarionya Allah. Tapi jangan juga cuman pasrah nunggu nasib. Nggak gitu. Kalo gitu, bukan iman namanya.

***

Saya ini termasuk mahasiwa yang telat kuliah. Telat setahun lebih tepatnya. Lulus SMK di tahun 2012, baru masuk kuliah di tahun 2013.

Terus terang, dulu ngebayangin buat jadi seseorang yang duduk di bangku perkuliahan itu tuh kayaknya impossible pake banget. Saya ini, bukan dari keluarga berduit. Saya juga lulus sekolah nggak dapat beasiswa buat kuliah. Tuh, lengkap kan sudah penderitaan?


Karena saat itu saya cuman ngandelin duit, segalanya bener-bener terasa nggak mungkin. Duit itu seolah Tuhan nomor dua. Nggak ada duit nggak makan. Nggak ada duit nggak bisa beli obat kalo sakit. Nggak ada duit nggak bisa beli bakso. Nggak ada duit nggak bisa beli pulsa. Duit itu jadi penghalang buat apa aja.

Setahun sebelum kuliah itu adalah dunia terburuk dalam hidup saya. Bayangkan yah, eh tapi nggak usah dibayangkan juga nggak apa-apa kok he he he… lulus sekolah ditawarin kerja di perusahaan sawit bagian Accounting, nggak dapat ijin dari orang tua. Bahaya katanya. Soalnya waktu itu laki-laki semua yang kerja di perusahaan itu.

Lalu ditawarin guru di sekolah buat kerja di perusahaan batu bara. Haduh, waktu magang aja nggak dapat ijin buat ke sana, ditambah pas sudah lulus. Orang tua bener-bener nggak ngijinin. Karena terus terang, ayah adalah orang selalu khawatir dengan anak perempuannya apalagi kalo jauh dari rumah.

Nggak punya uang buat kuliah, nggak dapat beasiswa buat kuliah, dan nggak punya kerjaan. Mantap kan?

Waktu itu apa yang saya lakukan? DOA. Harta satu-satunya yang saya miliki tuh ya do’a. Teman saya satu-satunya kala itu ya do’a. Udah, saya pasrah. Allah yang kasih saya hidup. Allah yang kasih saya jalan cerita dalam hidup dengan sekelumit masalah di dalamnya. Allah yang kasih saya iman. Pasrah pokoknya saat itu sepasrah-pasrahnya. Minta biar Allah yang ngatur gimana hidup saya ntar ke depannya. Allah Maha Kaya. Masa iya uang untuk kuliah saja Allah nggak ngasih? Begitulah kurang lebihnya gimana keadaan saya itu yang cukup mengenaskan XD

Subhanallah. Masya Allah. Allahu Akbar.

Tidak perlu saya jelaskan di sini bagaimana prosesnya Allah membantu hamba-Nya yang lemah ini. Ketika sudah pasrah sepasrah-pasrahnya, do’a semerintihnya, nangis senangis-nangisnya, ada saja cara Allah membantu hamba-Nya. Cukup dengan do’a.

Padahal jika saya memegang teguh semboyan Where is a will, there is a way, bakalan impossible bisa kuliah seperti sekarang, sumpah! Otak saya saat itu saja tidak bisa sampai memikirkan hasil dari usaha tok saya ketika itu. Usaha yang kemungkinan tidak ada hasilnya.

Tapi ketika saya mengandalkan do’a (tapi dalam hal ini juga ditambah usaha, karena usaha tanpa do’a atau do’a saja tanpa usaha itu sama saja hasilnya nol besar) ketika itu juga Allah menunjukkan kekuasaannya. Bahwa betapa dahsyatnya kekuatan do’a itu.

Alhamdulillah… Alhamdulillah… Alhamdulillah…

Pengen nangis ketika akhirnya bisa kuliah tanpa membebani orang tua. Punya kerjaan yang meskipun hanya dipandang sebelah mata bagi orang-orang tapi saya bisa bayar kuliah dengan hasil pekerjaan saya yang tentunya atas izin dan bantuan Allah. Bisa belikan Mama baju T_T bisa bantu di rumah beli keperluan di dapur. Masya Allah… bener-bener Masya Allah

Akhirnya sampai sekarang saya terus mengandalkan kekuatan do’a yang dibarengi dengan usaha. Udah deh, apa-apa tuh urusan serahin sama Allah. Usaha dulu, terus ikhtiar, gimana Allah kasih hasilnya itu urusan Allah. Apakah hasilnya sesuai ekspektasi atau tidak itu sudah kehendak Allah. Apa yang Allah kasih itu pasti yang terbaik, dan rencana-Nya itu selalu indah pada waktunya.

Ketika sudah mengandalkan do’a, semuanya terasa kecil. Serius. Nggak punya uang sekarang bukan lagi masalah besar. Wong Allah itu jauh Maha Besar. Mintanya sama Allah. Bukan ke tempat leasing XD hehehe. Betul kok. Coba saja, seperti yang sudah dipaparkan Ustadz Yusuf Mansur.

Usaha kita itu nggak ada apa-apanya dibanding kekuasaan Allah. Ikhtiar kita itu nggak ada apa-apanya kalau bukan Allah yang bantu. Jadi, mulai sekarang ganti tuh semboyan “Di mana ada kemauan di situ ada jalan” atau “Barang siapa yang berusaha pasti bisa”. Ganti menjadi DI MANA ADA DO’A DI SITU ADA JALAN. Tjakep kan? :D

Sekian Coretan Isah kali ini. Semoga sekalipun hanya nol koma persen yang bisa diambil hikmah juga pelajaran dari apa yang saya tulis, setidaknya ada manfaatnya ketimbang tidak ada sama sekali. ^^v

Salam literasi ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar